Selasa, 03 September 2019

Kebijakan Pengelolaan Keuangan

Macam-Macam Kebijakan Pengelolaan Keuangan

Kebijakan pengelolaan keuangan merupakan bentuk kebijakan yang dilaksanakan oleh pelaku atau kelompok untuk melakukan pengelokan keuangan agar hasil atau tujuan pengelolaan keuangan yang ingin dicapai sesuai dengan yang direncanakan.
Ada beberapa jenis kegiatan utama dari kebijakan yang dilakukan dalam mengelola keuangan,yaitu :
1. Mencari dana atau pendanaan
     Kegiatan mencari dana perusahaan adalah kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh sumber dana. Sumber dana tersebut dapat berasal dari internal perusahaan ataupun eksternal perusahaan.
2. Menggunakan dana perusahaan
     Menggunakan dana perusahaan adalah suatu kegiatan menggunakan dana peusahaan untuk kepentingan dari perusahaan itu sendiri.
3. Mengelola asset
     Mengelola aset adalah suatu aktifitas yang dilakukan setelah dana telah diperoleh dan diinvestasikan ke dalam bentuk aset.

 Maksud dan Tujuan Kebijakan Pengelolaan Keuangan

Maksud dan tujuan dari kegiatan Kebijakan Pengelolaan Keuangan, yaitu :
1. Mengotimalkan segala perencanaan kegiatan yang akan dilakukan dalam kurun waktu tertentu.
2. Meminimalisasi terjadinya pembengkakan pengeluaran dan yang tidak diinginkan di kemudian hari dalam pelaksanaan sebuah proyek perencanaan.
3. Mencapai target perencanaan dengan lebih efisien karena adanya ketersediaan dana yang cukup serta telah direncanakan dan dapat dialokasikan dengan maksimal.
4. Menghindari terjadinya penyimpangan terhadap alokasi dana yang ada dengan cara pemisahan tiap-tiap bagian dalam pengelolaan keuangan.
5. Memperlancar segala kegiatan yang terjadi di instansi atau organisasi karena adanya transparansi terhadap keuangan yang dimiliki.
6. Menciptakan lingkungan kerja yang sehat karena didukung oleh siklus keuangan yang berjalan dengan baik dan terencana.
Sumber : Buku Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Kelas Xl oleh Anis Muftias, SE dan Lks Otomatisasi Tata Kelola Keuangan oleh Desi Anggrahini.
Diketik oleh : Ela Lailatus S. (27)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian, contoh serta fungsi sarana dan prasarana

Diketik oleh: Alfina D. Kelas           : XI OTKP 1 Pengertian sarana  Sarana adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat untuk m...