Senin, 21 Oktober 2019

Pengertian, contoh serta fungsi sarana dan prasarana


Diketik oleh: Alfina D.
Kelas           : XI OTKP 1
Pengertian sarana 
Sarana adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat untuk mencapai makna dan tujuan (Kamus Besar Bahasa Indonesia,2008). Sebagai contoh: sarana pendidikan diartikan sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan, misalkan buku, tas, pulpen, komputer, dll.

pengertian prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008).

Contoh Sarana Dan Prasarana

Sebagai contoh, prasarana pendidikan berarti alat tidak langsung untuk mencapai tujuan dalam pendidikan, misalnya lokasi, bangunan sekolah, lapangan olahraga, kantin, dll.

Contoh lain dari pengertian sarana dan prasarana yaitu mobil, bus, motor, sepeda adalah sarana transportasi darat. Sedangkan jalan raya, rambu lalu lintas, jembatan, terminal adalah prasarana transportasi darat.

Dengan kata lain, secara umum dari pengertian sarana lebih ditujukan untuk alat atau benda-­benda yang bergerak sedangkan prasarana lebih ditujukan untuk alat atau benda-­benda yang tidak bergerak.

Fungsi Sarana dan Prasarana

Fungsi utama sarana dan prasarana pada dasarnya memiliki tujuan :

Menciptakan kenyamanan.

Menciptakan kepuasan.

Mempercepat proses kerja.

Memudahkan proses kerja.

Meningkatkan produktivitas.

Hasil lebih berkualitas.

 sumber:https://www.kanalinfo.web.id/pengertian-sarana-dan-prasarana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian, contoh serta fungsi sarana dan prasarana

Diketik oleh: Alfina D. Kelas           : XI OTKP 1 Pengertian sarana  Sarana adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat untuk m...