Minggu, 20 Oktober 2019

Perbedaan sarana dan prasarana

Diketik oleh: Alfina D.
Kelas.            : XI OTKP 1
Perbedaan sarana dan prasarana

Sarana

Sarana merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai alat dalam mencapai suatu maksud atau tujuan. Artinya, sarana mengarah pada benda-benda atau alat yang bergerak.

Contohnya, sarana pada suatu sekolah atau kantor seperti komputer, meja, kursi, dokumen, rak, papan tulis, dan lain sebagainya.

Prasarana

Prasarana merupakan segala sesuatu yang menjadi penunjang utama terselenggaranya suatu proses. sarana mengarah pada benda benda yang tidak bergerak. Proses tersebut dapat berupa suatu pembangunan, usaha, ataupun proyek.

1. Perbedaan Berdasarkan Bentuk
Apabila bentuk dari sarana itu kecil, maka prasarana memiliki bentuk yang lebih besar.
Bentuk sarana dapat di pindahkan, sedangkan prasarana tidak dapat dipindahkan karena relatif besar dan menetap disuatu tempat.
2. Perbedaan Berdasarkan Kepemilikan
Dari segi kepemilikan, semua benda atau alat yang dimiliki individual dapat dikelompokkan menjadi sarana. Individual disini bisa berarti perorangan, swasta, dan Pemerintah.
Sedangkan prasarana, sudah pasti dimiliki Pemerintah. Prasarana merupakan alat atau faktor penunjang yang berfungsi sebagai pendukung dan tidak hanya untuk satu kegiatan di lokasi tersebut, melainkan kegiatan lain yang berhubungan juga.
3. Perbedaan Berdasarkan Fungsi
Sarana memiliki fungsi sebagai bagian utama dari sebuah kegiatan. Karena menjadi bagian utama dari kegiatan tersebut, maka alat ini akan sangat diperlukan untuk kelancaran kegiatan tersebut. Sementara prasarana memiliki fungsi sebagai pendukung kegiatan.
4. Perbedaan Berdasarkan Pembiayaan Pengadaan
Berdasarkan pengadaannya, secara penuh sarana diadakan dan dibiayai oleh pihak yang mengadakan kegiatan. Namun, apabila ditelusuri lebih jauh lagi, biaya tersebut juga didapat dari peserta atau orang yang mengikut kegiatan tersebut.

Lain halnya dengan prasarana, pembiayaan sepenuhnya berasal dari Pemerintah. Biaya yang digunakan untuk proses pengadaan berasal dari APBN serta pajak yang diterima Pemerintah dari wajib pajak.

Diketik oleh: Alfina D.
Sumber: https://www.yuksinau.id/perbedaan-sarana-dan-prasarana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian, contoh serta fungsi sarana dan prasarana

Diketik oleh: Alfina D. Kelas           : XI OTKP 1 Pengertian sarana  Sarana adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat untuk m...