Rabu, 24 April 2019

Kearsipan

Diketik oleh: Alfina Damayanti
 X OTKP 1 SMKN 6 JEMBER

Arsip Dan Kearsipan

Pengertian arsip
      Secara luas Arsip adalah segala sesuatu yang tertulis, bergambar, dan terekam yang berisi penjelasan mengenai suatu hal atau informasi dari suatu peristiwa yang digunakan untuk membaantu ingatan serta dapat dijadikan pedoman.

Pengertian Kearsipan
       Kearsipan atau Filling adalah suatu kegiatan atau proses pengaturan mulai dari penerimaan, pencatatan, penyimpanan, penggunaan, pemeliharaan dan penyusutan arsip dengan menggunakan sistem tertentu sehingga apabila diperlukan sewak waktu dapat ditemukan kembali dengan cepat dan tepat.

Pengertian Arsip Paris 
       Arsip Paris adalah pegawai negeri sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan kearsipan pada instansi pemerintah, tidak termasuk kegiatan mengurus, memberkaskan dan mengelola arsip-arsip aktif.

Asal-Usul Kata Arsip
        Kata "Arsip" merupakan kata serapan dari bahasa belanda, archief yang pada gilirannya diserapa dari bahasa perancis archives. Kearsipan juga berasal dari kata "Arsip" yang berasal dari bahasa yunani yaitu "Archum", artinya peti untuk menyimpan(Bundel) dalam bahasa inggris file.

Manfaat Kearsipan
1. Aktivitas kantor atau organisasi menjadi lancar
2. Sebagai alat pengikat
3. Sebagai alat penyimpan barkat
4. Dapat dikadikan bahan dokumentasi
5. Dapat digunakan bukti tertulis jika terjadi masalah

Nilai Guna Arsip
1. Arsip bernilai informasi
2. Arsip bernilai informasi
3. Arsip bernilai hukum
4. Arsip bernilai sejarah
5. Arsip bernilai ilmiah


Sumber: guru kearsipan Nuri Dyah Handayani, S.pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian, contoh serta fungsi sarana dan prasarana

Diketik oleh: Alfina D. Kelas           : XI OTKP 1 Pengertian sarana  Sarana adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat untuk m...